Telinga Sakit Jika Kedinginan, Jangan Panik…

Telinga Sakit Jika Kedinginan, Jangan Panik. 

Telinga Sakit Jika Kedinginan, Jangan Panik

Hello sobat semua, semoga kabar kalian semua baik – baik saja,  lama sekali saya tidak update artikel terbaru karena akhir – akhir ini saya lebih asyikk rebahan sambil nonton film sampai saya lupa sudah seminggu lebih tidak posting artikel terbaru.

berbagi pengalaman yang saya rasakan beberapa tahun kebelakang ini tentang telinga yang terasa nyeri sekali pada saat cuaca dingin, dan berhubung kita sudah memasuki bulan november dimana bulan ini sudah masuk musim penghujan dan tentunya cuacapun akan lebih dingin dari biasanya apalagi pada saat malam hari. 

Telinga Sakit Jika Kedinginan, Jangan Panik

Karena sering nya saya mengalami hal seperti ini, akhirnya timbul ke khawatiran dalam benak saya, saya pun mulai mencari informasi dari berbagai referensi dan bertanya di aplikasi alodokter,  jika anda mengalami hal yang sama, anda tidak perlu khawatir karena itu adalah hal yang wajar. Pada dasarnya rasa telinga berdengin, nyeri atau penurunan kemampuan mendengar terjadi saat tubuh terpapar udara yg begitu dingin dan bukan karena peralihan dari dingin ke panas.

Telinga Sakit Jika Kedinginan, Jangan Panik

Hal ini terjadi karena pada saat udara dingin maka tubuh akan melindungi telinga bagian dalam dari bahaya udara dingin tersebut, salah satunya adalah menutup lubang-lubang yg memungkinkan udara dingin masuk dan berbahaya bagi telinga dalam. Menutupnya liang telinga tengah ini terjadi dengan tumbuhnya tulang tengkorak bagian lubang telinga sehingga memungkinkan lubang tersebut menjadi mengecil. Kondisi ini disebut dengan fenomena Sufer’s ears dan tulang yg tumbuh ini disebut dengan exostoses.

Baca Juga : Tips Mengatasi Insomnia

Hal ini merupakan kondisi alamiah yg terjadi jika tubuh sering terpapar udara dingin tetapi tidak dilengkapi dengan perlindungan badan yg tepat. Tentunya pertumbuhan tulang ini tidak serta merta terjadi dalam waktu yg singkat, sehingga anda masih dapat melakukan proteksi untuk telinga anda saat anda melalui hari di daerah dengan cuaca dingin yg cukup ekstrem yakni dengan menggunakan topi panjang yg menutupi telinga atau penghangat telinga/ ears warmers atau earmuffsatau anda bisa menggunakan topi renang atau surf plugs saat anda berenang atau menyelam.

Jika hal ini sering anda alami, dan masih sering sakit setelah menggunakan perlengkapan dalam menghadapi cuaca dingin seperti saran saya sebelumnya, maka sebaiknya anda pergi ke dokter THT untuk berkonsultasi terkait keluhan yg anda rasakan. Karena jika benar exostosis ini sudah mulai terbentuk, maka resiko yg terjadi adalah infeksi telinga yg berulang, dan telinga sering nyeri.


Referensi :

https://www.alodokter.com/komunitas/topic/malam-dok-47

https://www.klikdokter.com/tanya-dokter/read/2759948/nyeri-telinga-saat-udara-dingin

https://hellosehat.com/tht/telinga/sakit-telinga-barotrauma/

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.